Selasa, 23 Februari 2016

APLIKASI MOBILE VISIT JAVA BERBASIS ANDROID

Pariwisata merupakan sumber devisa yang besar bagi negara. Untuk meningkatkan sektor pariwisata, pembangunan infrastruktur saja tidaklah cukup, tetapi juga kemudahan wisatawan dalam memperoleh informasi pariwisata di daerah tersebut. Perlu adanya sebuah fasilitas untuk memperkenalkan tempat wisata beserta semua fasilitas yang ada. Wisatawan pada umumnya akan mencari-cari sendiri tempat yang ingin dikunjungi walaupun belum pernah berkunjung ke tempat tersebut. Hal itu akan memakan waktu lebih lama di perjalanan. Bersamaan dengan perkembangan teknologi smartphone saat ini dan permasalahan yang ada, dirancanglah sebuah aplikasi bernama Visit Java, yaitu sebuah alikasi panduan wisata berbasis Android. Visit Java adalah aplikasi yang memberikan berbagai informasi serta panduan kepada wisatawan seperti fasilitas, biaya dan lokasi wisata yang ada di Pulau Jawa, sehingga wisatawan dapat berwisata secara lebih mudah dan efisien.

Tahap Pembuatan aplikasi
Pembuatan aplikasi Visit Java ini menggunakan MIT App Inventor 2 (appinventor.mit.edu). Pertama, saya buat new project dengan nama VisitJava. Ada 7 screen yang digunakan untuk membuat aplikasi ini.
  • Screen 1

Pada Screen1 adalah desain untuk halaman antarmuka awal aplikasi. Menggunakan 4 buah button, 3 button pilihan lokasi dan 1 button exit. Untuk background diubah menggunakan foto.
Pada blocks screen 1, button1 diarahkan untuk membuka screen baru yaitu screen2, button2 membuka screen3 dan button3 membuka screen4. Untuk button5 adalah untuk exit atau meng-close aplikasi.



  • Screen 2

Pada desain screen2 adalah pilihan tempat wisata di Jawa Barat, menggunakan 5 buah button. 3 button pilihan tempat wisata, 1 button kembali ke home dan 1 button exit. Kemudian ada VerticalAlignment2 yang kolom Visible di ceklist, jadi ada beberapa label yang tidak terlihat.




Pada blocks screen2 untuk button1, button2 dan button3 sama saja. Hanya diganti true atau falsenya pada foto, agar sesuai dengan tempat wisata yang dipilih. Untuk labelnya diisi dengan keterangan mengenai tempat wisata.

  • Screen 3


  • Screen 4


Pada blocks screen3 dan screen4 sama dengan blocks pada screen3 untuk button1, button2 dan button3 sama saja. Hanya diganti true atau falsenya pada foto, agar sesuai dengan tempat wisata yang dipilih. Untuk labelnya diisi dengan keterangan mengenai tempat wisata. 
  • Screen 5

  • Screen 6

  • Screen 7



Pada screen 5, 6 dan 7 adalah untuk menemukan lokasi wisata yang ingin dikunjungi. Menggunakan list picker untuk menunjukan list pilihan lokasi. Kemudian untuk bisa direct ke google maps menggunakan activitystarter, untuk data uri diisi http://maps.google.com/maps?q=, untuk Action diisi dengan android.intent.action.VIEW, ActivityClass diisi com.google.android.maps.MapsActivity dan ActivityPackage diisi dengan com.google.android.apps.maps.

 
Tampilan Interface Aplikasi
Berikut adalah beberapa screenshot tampilan aplikasi:



   


      

        
 
Kesimpulan
Aplikasi Visit Java adalah aplikasi panduan wisata seperti lokasi, biaya masuk dan deskripsi mengenai tempat wisata yang ada di pulau jawa. Tujuan pembuatan Aplikasi Visit Java berbasis Android ini adalah agar wisatawan lebih mudah dalam mencari informasi dan lokasi mengenai tempat wisata yang dikunjungi.

0 komentar:

Posting Komentar